Putin Perangi Neo=Nazi Ukraina, Presiden Zelensky Berdarah Yahudi

Moskow(MedanPunya) Presiden Rusia Vladimir Putin kerap memakai narasi memerangi neo-nazi sebagai landasan operasi militernya ke Ukraina. Uniknya, Presiden Volodymyr Zelensky yang saat ini memimpin Ukraina adalah keturunan Yahudi.

Pekan lalu Putin menyatakan operasi militer khusus yang diperintahkannya berjalan ketat. Dia juga menyebut operasi itu sesuai jadwal.

“Saya ingin mengatakan bahwa operasi militer khusus berjalan ketat sesuai jadwal, sesuai rencana,” kata Putin membuka pertemuan dengan dewan keamanannya.

“Kita berperang dengan neo-Nazi,” sambungnya.

Dia lalu menyebut Rusia dan Ukraina merupakan satu bangsa. Dia mengaku tak akan pernah menyerah dengan keyakinannya itu.

“Saya tidak akan pernah menyerah pada keyakinan saya bahwa Rusia dan Ukraina adalah satu bangsa,” ucapnya.

Narasi soal keberadaan ‘neo-Nazi’ di Ukraina kembali diungkap Putin saat membahas keamanan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di Ukraina bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Putin dalam pernyataannya mengatakan Angkatan Bersenjata Rusia ‘mengendalikan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl’ untuk memastikan tidak ada ‘provokasi yang penuh dengan konsekuensi parah oleh neo-Nazi Ukraina atau teroris’.

Sebagaimana diketahui, Nazi adalah partai yang pernah berkuasa di Jerman yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Nazi bertanggungjawab atas genosida terhadap etnis Yahudi yang lebih dikenal sebagai peristiwa Holocaust. Nazi kerap diasosiasikan dengan kebenciannya terhadap etnis Yahudi.

Uniknya, di tengah narasi soal memerangi ‘neo-Nazi’ di Ukraina, saat ini negeri itu justru dipimpin oleh Presiden Volodymyr Zelensky yang berdarah Yahudi.

Dikutip dari laman britannica, Zelensky lahir dari orang tua Yahudi di kota metropolitan industri Kryvyy Rih di Ukraina selatan. Ketika dia masih kecil, keluarganya pindah ke Erdenet, Mongolia, selama empat tahun sebelum kembali ke Kryvyy Rih, tempat Zelensky masuk sekolah. Seperti banyak orang dari wilayah Dnipropetrovsk, Ukraina, ia tumbuh sebagai penutur asli bahasa Rusia, tetapi ia juga fasih berbahasa Ukraina dan Inggris.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version