Stasiun Radio Rusia Diretas, Putar Pesan Palsu Putin

Moskow(MedanPunya) Beberapa stasiun radio Rusia telah diretas dan memutar rekaman pidato palsu Presiden Vladimir Putin yang mengumumkan invasi dari pasukan Ukraina dan tindakan darurat di tiga wilayah yang berbatasan dengan Ukraina.

Perihal peretasan itu disampaikan oleh pihak istana kepresidenan Rusia atau Kremlin pada Senin (5/6) waktu setempat.

Peretasan itu terjadi di tengah beberapa laporan upaya penyerangan dan gempuran intensif di Belgorod, wilayah Rusia barat daya, dan saat Ukraina mengatakan sedang mempersiapkan serangan balasan yang telah lama diharapkan.

Pesan palsu, yang saat ini masih beredar di media sosial, menyebutkan bahwa “pasukan Ukraina yang dipersenjatai oleh NATO dan dengan persetujuan serta dukungan Washington telah menginvasi wilayah Kursk, Belgorod, dan Bryansk”.

Suara yang sangat mirip dengan Putin itu juga mengumumkan darurat militer, mobilisasi umum, dan evakuasi warga sipil di tiga wilayah tersebut.

“Ini memang peretasan,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

“Kontrol telah dipulihkan,” imbuhnya.

Pusat administrasi wilayah Belgorod mengatakan pesan itu adalah “sangat palsu” yang bertujuan untuk “menabur kepanikan di antara penduduk Belgorod yang damai.”

Wilayah Voronezh yang bertetangga dengan Belgorod juga memperingatkan penduduknya tentang “peretasan frekuensi siaran radio” dan mengatakan “tidak ada alasan untuk khawatir.”

Stasiun radio MIR mengatakan peretasan yang disebutnya “benar-benar palsu dan provokasi”, berlangsung sekitar 40 menit.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version