Tangkal Ancaman Rusia, Inggris Bikin 5 Kapal Militer Rp 76,8 T

London(MedanPunya) Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak mengumumkan negaranya akan menganggarkan 4,2 miliar Poundsterling (Rp 76,8 triliun) untuk membuat lima kapal militer Angkatan Laut yang baru. Kapal-kapal militer baru itu dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan ‘dalam menghadapi ancaman Rusia yang meningkat’.

“Inggris dan sekutu-sekutunya mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan dalam menghadapi ancaman Rusia yang meningkat,” ucap Sunak dalam pernyataan yang dirilis Downing Street.

“Tindakan Rusia menempatkan kita semua dalam bahaya. Saat kita memberikan rakyat Ukraina dukungan yang mereka perlukan, kita juga memanfaatkan keluasan dan kedalaman dari keahlian Inggris untuk melindungi diri kita sendiri dan sekutu-sekutu kita. Ini termasuk membangun kapal-kapal perang Inggris generasi selanjutnya,” jelas Sunak.

Anggaran untuk lima kapal militer baru itu, menurut pernyataan Downing Street, menjadi fase berikutnya dalam sebuah program di mana tiga kapal sedang dalam tahap perakitan, dan seluruh delapan kapal fregat diperkirakan akan selesai dirakit pada pertengahan tahun 2030 mendatang.

Pengumuman itu dirilis saat Sunak tengah berada di Bali untuk menghadiri KTT G20 bersama belasan pemimpin dunia lainnya. KTT G20 diperkirakan akan memberikan tekanan pada Rusia atas invasinya ke Ukraina, yang dimulai sejak Februari lalu dan menuai kritikan negara Barat.

Presiden Vladimir Putin tidak hadir langsung dalam KTT G20 dan mengutus Menteri Luar Negeri (Menlu) Sergei Lavrov untuk mewakili dirinya dalam forum ekonomi penting tersebut.

Namun, Downing Street menyatakan Sunak dan sekutu-sekutu Inggris akan memberikan seruan terbaru untuk pemimpin Rusia itu.

“(Presiden Rusia) Secara tidak berperasaan mengabaikan hak asasi manusia dan menekankan bahwa peran Rusia dalam sistem internasional tidak akan pernah dinormalisasi selama perang di Ukraina berlanjut,” sebut Downing Street dalam pernyataannya, merujuk pada seruan untuk Putin.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version