Trump Mengaku Punya Hubungan Baik dengan Kim Jong Un

Nashville(MedanPunya) Capres Amerika Serikat (AS) petahana Donald Trump dari Partai Republik mengatakan dalam debat terakhir bahwa dia memiliki “hubungan yang sangat baik” dengan Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara.

Presiden Trump pada Kamis malam (22/10) menyebut apa yang dia gambarkan sebagai “hubungan yang sangat baik” dengan diktator Korea Utara Kim Jong Un.

“Saya memiliki hubungan yang sangat baik dengannya. Berbeda, tapi dia mungkin berpikiran sama tentangku. Kami memiliki jenis hubungan yang berbeda. Kami memiliki hubungan yang sangat baik. Dan tidak ada perang,” kata Trump.

Debat terakhir capres AS berlangsung di Belmont University di Nashville, Tennessee, Amerika Serikat.

Sementara itu, lawan Trump sekaligus mantan Wakil Presiden Joe Biden di atas panggung mengkritik Trump karena melegitimasi diktator Kim Jong Un, yang telah lama menjadi paria global karena catatan hak asasi manusia dan ambisi nuklirnya yang suram.

“Dia berbicara tentang teman baiknya yang seorang kriminal, kriminal, dan dia berbicara tentang bagaimana kita menjadi lebih baik. Dan mereka memiliki rudal yang jauh lebih mampu, mampu mencapai wilayah AS jauh lebih mudah daripada yang pernah mereka lakukan sebelumnya,” kata Biden.

Biden mengatakan dalam debat bahwa dia hanya akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara “dengan syarat pemimpin Korut setuju bahwa dia akan menurunkan kapasitas nuklirnya.”

“Semenanjung Korea harus menjadi zona bebas nuklir,” kata Biden.

Trump sendiri membuat sejarah sebagai presiden AS pertama yang menginjakkan kaki di Korea Utara, dan telah mengadakan pertemuan puncak dengan Kim Jong Un.

Mendengar komentar Biden, Trump membantah, “Memiliki hubungan yang baik dengan para pemimpin negara lain adalah hal yang baik.”

“Itu seperti mengatakan kami memiliki hubungan yang baik dengan Hitler sebelum dia menginvasi Eropa, seluruh Eropa. Ayolah,” balas Biden.

***kps/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version