Ukraina Yakin F-16 Akan Pukul Mundur Jet Tempur Rusia

Kyiv(MedanPunya) Pihak Ukraina meyakini jet tempur F-16 akan mengubah arah perang dengan Rusia. Menurut juru bicara Angkatan Udara Ukraina, F-16 yang nanti akan diberikan sekuru Barat, akan membantu memukul mundur pesawat Rusia dan melindungi pasukan darat Ukraina dari udara.

“Saya ingin berdebat dengan semua kritik terhadap masalah jet ini. Pesawat-pesawat itu akan mengubah jalannya perang dan mereka akan mengubahnya dengan sangat serius,” kata Yurii Ihnat.

Dia mengharapkan F-16 yang nantinya diberikan pada Ukraina, tidak boleh memiliki spesifikasi taktis dan teknis yang jauh lebih lemah dibanding Rusia. Itu karena Ukraina membutuhkan jet tempur modern yang dapat memenangkan superioritas udara atas Rusia.

“Pesawat F-16 dalam modifikasi tertentu, yang dibutuhkan Angkatan Udara Ukraina, mampu menyerang sasaran darat, permukaan dan udara serta melindungi negara dari rudal dan drone,” paparnya.

“Saya pikir sistem pesawat seperti itu akan dapat mempengaruhi jalannya perang secara signifikan. Dengan menggunakan sistem pesawat seperti F-16, kami akan mampu memukul mundur pesawat Rusia dan melindungi pasukan darat kami dari udara,” begitu harapannya.

Ihnat mengatakan bulan Oktober, pilot militer Ukraina sedang belajar mengoperasikan jet tempur F-16 dan akan segera melanjutkan pelatihan penerbangan dengan instruktur. Setelah itu mereka akan dapat mengoperasikan jet tersebut sendiri.

Presiden Rusia Vladimir Putin sendiri belum lama ini mengatakan F-16 tidak akan mengubah situasi di medan perang dan akan dihancurkan seperti tank Leopard buatan Jerman.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengatakan awal November bahwa sistem pertahanan udara Rusia menghancurkan lebih dari 1.400 target udara Ukraina selama sebulan terakhir, termasuk 37 pesawat dan enam rudal ATACMS buatan AS.

Dia menambahkan bahwa 37 pesawat yang ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Rusia bulan lalu hampir dua kali lipat jumlah jet tempur F-16 yang dijanjikan Barat untuk dikirim ke Ukraina: “Artinya, mengingat aktivitas sistem pertahanan udara kami seperti ini, jet F-16 (hanya) akan bertahan sekitar 20 hari,” klaimnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version