Bank Dunia Prediksi Pertumbuhan Ekonomi RI Nggak Kuat Tembus 5%

Jakarta(MedanPunya) Bank Dunia (World Bank) memproyeksikan perekonomian Indonesia rata-rata hanya 4,9% selama 2024-2026. Hal itu mencerminkan perlambatan pertumbuhan ekonomi dibandingkan 2022 yang berada di level 5,3% dan 2023 yang diperkirakan masih di kisaran 5%.

“Indonesia diproyeksikan akan mencatat pertumbuhan yang kuat sepanjang proyeksi ini, namun risiko penurunannya semakin besar. Perekonomian diproyeksikan tumbuh rata-rata tahunan sebesar 4,9% selama 2024-2026, mencerminkan perlambatan pertumbuhan ekonomi,” tulis laporan Bank Dunia dalam Indonesia Economic Prospects, Rabu (13/12).

Melambatnya proyeksi ekonomi Indonesia di 2024-2026 sejalan dengan kondisi perdagangan yang lebih lemah. Konsumsi swasta disebut akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi di tahun depan.

“Konsumsi swasta akan menjadi pendorong utama pertumbuhan yang didukung oleh belanja selama Pemilu pada 2024. Pertumbuhan konsumsi masyarakat di tahun depan juga sejalan dengan rencana kenaikan gaji PNS pada 2024,” tuturnya.

Bank Dunia juga memprediksi investasi di Indonesia akan moncer. Meski begitu, kegiatan ekspor dan impor diperkirakan hanya tumbuh tipis karena volume sudah meningkat pada 2021-2022 menyusul pertumbuhan yang sangat kuat.

“Defisit transaksi berjalan secara bertahap akan meningkat menjadi 1,4% PDB pada 2026 seiring dengan rendahnya harga komoditas dan lemahnya pertumbuhan global menghambat ekspor,” imbuhnya.

Saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia disebut tetap kuat meskipun belum sepenuhnya pulih seperti sebelum pandemi COVID-19. Berakhirnya booming harga komoditas dan prospek suku bunga global tinggi untuk jangka waktu lama menjadi hambatan besar ke depan bagi ekonomi Indonesia.

“Perekonomian Indonesia saat ini lebih besar dibandingkan sebelumnya, namun angka tersebut masih 6,9% lebih kecil untuk kembali pulih ke tren sebelum pandemi. Hal ini mencerminkan dampak buruk dari pandemi ini,” ucapnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version