Harga Daging Ayam Potong dan Bawang di Sumut Alami Penurunan

Medan(MedanPunya) Akibat beberapa hari permintaan daging ayam potong dan bawang menurun di pasar Sumatera Utara maka harga komoditi tersebut jadi turun.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Dalam Negeri Sumatera Utara Barita Sihite.

“Komoditi daging ayam dan bawang di pasar tradisional Sumatera Utara mengalami penurunan harga disebabkan permintaan yang sedang menurun. Daging ayam turun 2.9 persen, bawang merah 1.6 persen, dan bawang putih 1.4 persen,” kata Barita, Selasa (6/7).

Ia mengatakan harga daging ayam rata-rata kota IHK (Medan, Sibolga, Siantar, dan Padang Sidempuan) dibanderol Rp 31.938 per kilogram.

“Harga daging ayam potong terendah dibaderol Rp 22 ribu per kilogram di Asahan dan harga tertinggi dibanderol Rp 40 ribu per kilogram di Padang Lawas,” ujar Barita.

Untuk harga bawang merah, Barita mengutarakan harga rata-rata kota IHK dibanderol Rp 28.917 per kilogram.

Harga tertinggi di Gunung Sitoli dibanderol Rp 32 ribu per kilogram dan harga terendah di Dairi dibanderol Rp 24 ribu per kilogram.

Sementara itu harga bawang putih rata-rata kota IHK dibanderol Rp 28.250 per kilogram.

Untuk harga tertinggi dibanderol Rp 29 ribu per kilogram di Sergei dan harga terendah dibanderol Rp 24.500 per kilogram.

Selanjutnya, Regar pedagang daging ayam potong di Pusat Pasar Medan mengatakan hari daging ayam potong saat ini dibanderol Rp 30 ribu per kilogram.

“Beberapa hari yang lalu harga daging ayam potong kian menurun dari Rp 33 ribu hingga Rp 30 ribu per kilogram. Ini turun karena daya beli masyarakat sangat menurun saat ini,” ujar Regar.

Selain itu Nainggolan pedagang sayur mayur di Pusat Pasar Medan mengutarakan saat ini harga bawang putih dibanderol Rp 28 ribu per kilogram dan harga bawang putih dibanderol Rp 26 ribu per kilogram.***trb/mpc/bs

 

 

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version