Nilai X Anjlok 71% Usai Dibeli Elon Musk

Jakarta(MedanPunya) Platform media sosial X (dulunya Twitter) milik Elon Musk saat ini bernilai sekitar US$ 12,5 miliar atau Rp 193,7 triliun (kurs Rp 15.498). Nilai ini turun signifikan usai diambil alih oleh Elon Musk.

Dilansir dari Sea Asia, Rabu (3/1) berdasarkan analisis terbaru oleh Fidelity, nilai tersebut lebih rendah sebesar 71,5% lebih rendah dibandingkan nilai pada saat Musk mengambil alih perusahaan tersebut pada bulan Oktober 2002 lalu. Musk bersama sekelompok investor di belakangnya mengakuisisi platform tersebut senilai US$44 miliar.

Analisis Fidelity yang pertama kali dilaporkan oleh Axios berlangsung hingga November 2023. Artinya, nilai X mencakup setidaknya sebagian kerugian yang dialami perusahaan menyusul perusahaan besar, seperti Apple dan Disney menarik iklan di X pada pertengahan November lalu. Menurut Axios, 10,7% kerugian tersebut berasal dari bulan November saja.

Dalam laporan dari The New York Times akhir tahun lalu, X diperkirakan mengalami kerugian akibat penangguhan iklan sebesar US$75 juta selama minggu-minggu terakhir tahun 2023 sebagai akibat dari boikot pengiklan.

Musk mengejek CEO Disney Bob Iger pada bulan Desember di X karena Disney terus beriklan di platform media sosial lain, seperti Instagram. Belum begitu jelas seberapa besar pengaruh akibat perilaku Musk baru-baru ini nilai X.

Meski begitu, Fidelity terus menurunkan nilai ekuitasnya di X selama setahun terakhir. Pada Mei 2023, misalnya, mereka mencatat nilai perusahaan tersebut sekitar US$15 miliar.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version