Dakwaan Pratu Richal Rampung, Pelimpahan ke Pengadilan Menunggu Skepera

Medan(MedanPunya) Oditur Militer (Otmil) Medan telah selesai menyusun berkas perkara Pratu Richal Alunpah yang menjadi tersangka pembunuhan Yosua Samosir. Otmil tinggal menunggu Surat Keputusan Penyerahan Perkara (Skepera) untuk melimpahkan tersangka ke Pengadilan Militer.

“Kita sudah minta Skepera, lagi nunggu dari Papera. Jadi dari Papera (Perwira Penyerah Perkara) turun dulu Skepera, baru kami susun dakwaan limpahkan ke pengadilan (militer),” kata Letkol Salmon Balubun selaku Kepala Kelompok Otmil Medan, Senin (16/10).

Dijelaskan Salmon bahwa berkas perkara Pratu Richal dibagi menjadi dua. Pertama, terkait kasus pembunuhan. Kedua, menyangkut kasus penganiayaan.

“Berkasnya berbeda antara kasus penyiksaan dan pembunuhannya,” tuturnya.

Menurutnya pekan ini Skepera untuk kasus Pratu Richal akan turun. “Misalnya kalau Skepera sudah turun dari papera hari ini, kami kan sudah menyusun surat dakwaan, jadi akan langsung dilimpahkan (ke pengadilan). Kemungkinan minggu ini Skepera-nya turun,” katanya.

“Jadi berkas yang turun dahulu, itu yang kami limpahkan,” sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Dansatpom Lanud Soewondo Mayor Sadin mengatakan berkas Richal telah diberikan ke Otmil sejak Rabu (23/8).

Di dalam berkas itu, Richal disangkakan pasal 151 KUHP untuk kasus penganiayaan serta pasal 354 ayat 2 sub 351 ayat 3 terkait perbuatan yang mengakibatkan kematian.

Perlu diketahui, Richal adalah anggota Wing III Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Richal membunuh dan menganiaya kedua korbannya di Jalan Adi Sucipto, Medan.

Untuk korban yang dibunuh bernama Yosua Samosir (38), pemilik warung kopi. Sedangkan korban penganiayaan bernama Andreas (20), yang merupakan tetangga Yosua.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version