Gerindra dan PKB Sepakat Bangun Koalisi, PKS Coba Merapat ke NasDem-PD

Jakarta(MedanPunya) Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi di Pemilu 2024. PKS yang sempat disebut ‘pacaran’ dengan PKB kini mencoba merapatkan diri ke Partai NasDem dan Partai Demokrat (PD).

“Sampai sekarang PKS masih terus menjalin komunikasi dengan berbagai partai politik lainnya, salah satunya yang saat ini intensif kami jalin adalah NasDem dan Demokrat,” ujar Juru Bicara PKS Muhammad Kholid kepada wartawan, Jumat (1/7).

Tak lupa, Kholid turut mengucapkan selamat atas terbentuknya koalisi antara Gerindra dan PKB. Dia menilai kedua partai tersebut merupakan sahabat PKS.

“Bagi PKS, Gerindra dan PKB adalah sahabat. Dan kami menghormati keputusan koalisi tersebut,” kata Kholid.

Kholid mengungkapkan PKS hingga saat ini belum menentukan akan berkoalisi dengan partai manapun. Keputusan dalam berkoalisi nantinya akan ditentukan oleh Majelis Syuro PKS.

“Sampai detik ini PKS belum menentukan akan berkoalisi dengan partai mana saja karena kewenangan tersebut ada di Majelis Syuro,” paparnya.

Partai Gerindra dan PKB sepakat membangun koalisi untuk Pemilu 2024. Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menyebut nama koalisinya ‘Silaturahmi Indonesia Raya’.

Sebelum menyebutkan nama koalisi, Jazilul ditanya perihal peluang partai politik (parpol) gabung ke koalisi Gerindra dan PKB. Jazilul memastikan membuka pintu bagi parpol lain untuk bergabung.

“Saya yakin partai lain dan kita juga berharap sebenarnya dengan kekuatan yang baru ini, ini kami punya optimisme tetapi kita harus tetap menambah optimisme dengan masuknya partai-partai lain,” kata Jazilul kepada wartawan usai pertemuan di kawasan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (30/6).

Kemudian Jazilul ditanya soal nama koalisi Gerindra dan PKB. Jazilul awalnya meminta Sekjen Gerindra Ahmad Muzani yang menjawab.

“Nah, Pak Muzani nih,” ucap Jazilul.

Namun, Muzani meminta Jazilul yang menjawabnya.

“Silaturahmi Indonesia Raya,” kata Jazilul disambut gelak tawa elite masing-masing partai yang ada di lokasi.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version