Lewat Reshuffle, Jokowi Dinilai Bakal Wujudkan Kabinet Capres 2024

Jakarta(MedanPunya) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan segera me-reshuffle kabinetnya. Nama-nama potensial capres santer dikabarkan bakal menjadi pembantu Jokowi. Ini bisa menjadi kabinet capres 2024.

“Kalau nama Sandiaga Uno masuk, kabinet ini menjadi kabinet presiden masa depan, karena Jokowi berhasil mengumpulkan tokoh-tokoh capres di kabinetnya,” kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, Selasa (22/12).

Nama Sandiaga Uno memang dikabarkan bakal masuk kabinet. Sandi adalah cawapres pendamping capres Prabowo Subianto pada 2019. Nama Sandiaga potensial menjadi capres 2024. Kini, kabar terbaru, Sandi disebut Partai Gerindra bakal menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ada lagi nama potensial lain, yakni Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma). Dari Surabaya, dia sudah berangkat ke Jakarta. Santer kabar terdengar, Risma bakal mengisi kursi Menteri Sosial yang ditinggalkan Juliari Batubaru, politikus PDIP yang kena tangkap tangan KPK. Risma sendiri juga dari PDIP.

“Posisi PDIP dan Gerindra tidak akan berkurang di reshuffle kabinet,” kata Rico Marbun.

Juliari, yang berasal dari PDIP, ke luar kabinet. Risma, yang berasal dari PDIP, masuk kabinet. Edhy Prabowo dari Gerindra kena OTT KPK keluar dari kabinet, Sandiaga dari Gerindra masuk kabinet. Jokowi dinilai tak ingin mengutak-atik jatah menteri parpol pendukungnya.

Jokowi bakal mengumpulkan capres potensial dalam satu kabinet. Tampaknya, bapak dari Gibran Rakabuming Raka dan mertua dari Bobby Afif Nasution itu memang sudah melihat politik dalam pandangan yang jauh ke depan.

“Itu juga berarti Jokowi sudah siap untuk mulai bicara dengan sebagian besar tokoh-tokoh penerusnya, yang sebagian besar nanti adalah mantan pembantu presiden,” kata Rico Marbun.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version