Mendagri Sebut Banyak Kepala Daerah Tak Ngerti Inflasi

Batam(MedanPunya) Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut banyak kepala daerah yang tidak mengerti tentang inflasi. Tito bahkan mendapat tugas khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan pemahaman ke kepala daerah tentang inflasi.

“Pak presiden bilang, pak mendagri tolong dong beritahu kepala daerah, pemahaman inflasi belum tentu semua paham. Apalagi dampaknya, penyebabnya dan mengatasinya,” ujar Tito saat rapat koordinasi pengendalian inflasi, evaluasi pelaksanaan APBD di Batam, Jumat (19/5)

Menurut Tito pemahaman terkait inflasi dan deflasi sangat penting diketahui oleh kepala daerah. Dengan begitu penanganan inflasi bisa dilakukan dengan tepat.

“Padahal itu dampaknya sangat sangat luar biasa bagi masyarakat kalau terjadi inflasi tidak terkendali,” ujarnya.

Tito bercerita satu kesempatan ia berdiskusi dengan beberapa kepala daerah tentang inflasi. Dan Tito mendapatkan fakta bahwa banyak kepala daerah tidak mengetuai tentang itu inflasi.

“Saya coba cek dan diskusi dengan beberapa kepala daerah, emang banyak yang tidak mengerti inflasi, pengertian inflasi. Sambil jalan saya tanya salah satu kepala daerah tidak mengerti. Memang ada juga yang ngerti, apa itu inflasi. Ada yang ngerti, yang nggak ngerti banyak juga,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, mantan Kapolri itu berpesan kepada wali kota dan bupati di Kepri mengenai pengertian inflasi dan deflasi. Tito meminta inflasi dan deflasi di Kepri dapat dikendalikan oleh kepala daerah masing-masing.

“Inflasi harus bisa dikendalikan oleh pemerintah daerah. Begitu juga deflasi, jika mengalami deflasi bagus tapi jika terkendali akan berefek pada produsen. Karena kita Indonesia merupakan daerah penghasil sehingga berpengaruh,” ujarnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version