47 Warga Madina Pingsan Massal, Polisi: Diduga Keracunan Gas H2S

Madina(MedanPunya) Sebanyak 47 orang warga di Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), pingsan diduga akibat keracunan gas dari pipa yang bocor. Polisi mengatakan warga diduga menghirup gas hidrogen sulfida (H2S).

“Diduga H2S,” kata Kapolres Madina AKBP Muhammad Reza Chairul Akbar Sidiq saat dimintai konfirmasi, Senin (7/3).

Reza mengatakan peristiwa ini terjadi di sekitar PT SMGP. Peristiwa ini juga pernah terjadi pada 2021.

“Ya (peristiwa yang sama terjadi pada tahun 2021),” ujarnya.

Ia menyebut peristiwa ini tengah dalam penyelidikan lebih lanjut.”Hari ini kami laksanakan penyelidikan,” ungkap Reza.

Sebelumnya, warga di Madina keracunan karena menghirup gas yang diduga dari pipa bocor dari PT SMGP. Warga harus dibawa ke rumah sakit karena hal itu.

“Masyarakat saat ini ada yg dibawa ke RSUD Panyabungan dan Permata Madina. Disekitar SMGP,” kata Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution saat dimintai konfirmasi, Minggu (6/3).

Atika mengatakan ada 47 orang yang keracunan gas. Dari jumlah itu, 18 orang sudah membaik dan diizinkan pulang ke rumah.

“Sampai saat ini, dari 47, 18 sudah pulang. Yang lainnya masih dirawat,” ujarnya.

Atika menyebut pihaknya saat ini sedang memastikan keselamatan warga akibat peristiwa ini. Penyebab pasti dari keracunan ini masih ditelusuri.

“Keselamatan warga merupakan prioritas. Penyebabnya masih menunggu hasil lab dan investigasi,” jelas Atika.

Peristiwa ini sempat terjadi pada 2021. Saat itu ada 5 orang warga yang dilaporkan meninggal keracunan karena menghirup gas.

“Lima warga bernama Suratmi, Kaila Zahra, Yusniar, Dahni, Syahrani meninggal dunia,” kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi melalui Kasubbid Penmas Polda Sumut saat itu, AKBP MP Nainggolan, Senin (25/1).***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version