Bobol Tembok, 7 Napi Kabur dari Rutan Sipirok Tapsel

Sipirok(MedanPunya) Tujuh narapidana atau warga binaan Rutan Kelas II B Sipirok, Tapanuli Selatan kabur. Mereka melarikan diri setelah membobol tembok toilet dalam rutan tersebut.

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumut, Erwedi mengungkapkan, para narapidana itu kabur dini hari tadi, antara pukul 03.00 WIB sampai 04.00 WIB.

“Jadi untuk waktunya memang belum bisa kita ketahui secara tepat. Karena diketahui kurang lebih sekitar pukul 03.40 WIB itu baru diketahui bahwa sudah ada tembok yang bobol,” kata Erwedi, Senin (7/11).

Erwedi menjelaskan para napi itu kabur dengan cara membobol tembok toilet yang ada dalam sel perjara. Total dalam kamar itu ada 16 orang akan tetapi yang melarikan diri sebanyak tujuh orang.

“Jadi pelarian melalui kamarnya, tembok di WC-nya itu dibobol ke arah belakang, langsung ke belakang, langsung lompat tembok dan turun dari tembok. Iya tujuh orang betul, memang di kamar kurang lebih sesuai laporan itu 16 orang tapi yang melarikan diri itu tujuh orang,” ujar Erwedi.

“Kebetulan kondisi hujan pada saat itu memang petugas sempat kontrol, jam 03.10 WIB sempat kontrol tapi belum ada tanda- tanda tapi setelah kontrol ulang sekitar jam 03.40 WIB sesuai laporan itu baru diketahui itu sudah bobol temboknya,” tambah Erwedi.

Dia mengatakan pihak rutan telah berkoordinasi dengan Polres Tapsel untuk menangkap para napi yang kabur itu. Pihaknya pun telah meminta Polda Sumut untuk mengerahkan pasukannya mencari keberadaan para napi itu dan menangkapnya kembali.

“Jadi pihak rutan sudah langsung berkoordinasi ke pihak Polres Tapsel, pihak kepolisian juga sudah di rutan melakukan investasi terkait hal tersebut, dan berusaha untuk melakukan pencarian dan penangkapan kembali warga binaan yang melarikan diri,” ujar Erwedi.

“Dari kami dari kanwil juga hari ini akan segera langsung ke sana untuk melakukan investigasi terkait pelarian tersebut untuk memastikan sebab dan kapan pastinya pelarian tersebut,” tandasnya.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version