Gunung Sinabung Erupsi, Kolom Abu Capai 1.500 Meter

Medan(MedanPunya) Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengalami erupsi. Masyarakat yang bermukim di daerah sungai diimbau mewaspadai aliran lahar.

“Telah terjadi erupsi Gunung Sinabung pada 25 Februari 2021 pukul 10.08 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 m di atas puncak,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen Putra saat dimintai konfirmasi, Kamis (25/2).

Armen menyebutkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 66 mm dan durasi sekitar 3 menit 11 detik.

Armen menuturkan Gunung Sinabung saat ini berada pada status level III (Siaga). Sejumlah rekomendasi pun diberikan kepada warga. Rekomendasi tersebut yakni:

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.

3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version