Masih Siaga, Gunung Sinabung Keluarkan Abu Vulkanik Skala Kecil

Medan(MedanPunya) Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut), masih berada pada level III atau siaga. Hingga saat ini, Gunung Sinabung terus mengeluarkan abu vulkanik dalam skala kecil.

“Sinabung sedang tidak erupsi, namun aktivitas mengeluarkan abu vulkanik masih ada dalam skala kecil,” kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanail Perangin Angin, Rabu (12/8).

Natanail mengatakan abu vulkanik akibat erupsi Sinabung mulai berkurang usai hujan mengguyur kawasan Karo. Dia mengingatkan warga tetap memakai masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Terbantu hujan, jadi dampak abu semakin berkurang,” ujar Natanail.

Selain abu vulkanik skala kecil, gempa juga terjadi dua kali di Sinabung dalam rentang waktu pukul 06.00 WIB-12.00 WIB. Tercatat ada satu kali gempa tektonik jauh dan satu kali gempa tremor menerus yang terjadi.

Sebelumnya, ada empat kali erupsi Gunung Sinabung yang terjadi sejak Sabtu (8/8). Hujan abu vulkanik pun terjadi di Karo sehingga menyebabkan ribuan hektare kebun warga di rusak berat.

“(Seluas) 1.843 ha sesuai data pertanian. Kerusakan hampir rusak berat semua. Bagi tanaman yang bisa dibersihkan akan dipakai alat blower dari Dinas Pertanian,” kata Natanail, Selasa (11/8).

Pemerintah tengah mendata dampak erupsi Sinabung untuk keperluan penyaluran bantuan. Warga juga diminta waspada terhadap lahar dingin.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version