PDIP Sumut Duga Ketua DPC Deli Serdang Dukung Prabowo gegara Diintimidasi

Medan (MedanPunya) Eko Sopianto mundur dari jabatan Ketua DPC PDIP Deli Serdang karena mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Pilpres 2024. Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Aswan Jaya meyakini jika Eko sebagai Ketua Umum Pujakesuma mendukung Prabowo dan Gibran karena mendapatkan tekanan.

“Jadi yang perlu kami sampaikan dia ini kan Ketua PDI Perjuangan Cabang Deli Serdang ya, tentu keputusan dia itu sebagai Ketua Pujakesuma atau Presiden Pujakesuma. Tapi karena sebagai Presiden Pujakesuma sekaligus ketua partai dan kita ketahui juga Ganjar Pranowo salah satu dewan pembina (pelindung) di Pujakesuma itu, sehingga keputusan Pujakesuma itu mendukung salah satu capres yang lain, tentu kami melihat ini tidak berdiri sendiri,” kata Aswan Jaya, Senin (20/11).

Aswan Jaya meyakini jika Eko di bawah tekanan sehingga mundur dari PDIP untuk mendukung Prabowo-Gibran. Apalagi Pujakesuma disebut sudah banyak mensosialisasikan dukungan ke Ganjar sebelumnya.

“Beliau itu saya yakin di bawah tekanan orang yang sangat berpengaruh kan, karena sudah (sempat) memberikan dukungan kepada Ganjar dan Pujakesuma juga sudah banyak mensosialisasikan, mencetak alat peraga dukungan kepada Ganjar kan,” ucapnya.

PDIP Sumut, kata Aswan, yakin jika dukungan ke Prabowo-Gibran itu karena ditekan oleh orang berpangkat. Mereka menilai jika keputusan Pujakesuma tersebut tidak mandiri.

“Sehingga kami meyakini dukungan kepada salah satu capres tersebut atas tekanan orang yang berpangkat lah, sehingga keputusan itu sendiri sebenarnya tidak mandiri dan tidak independen,” ujarnya.

Meskipun demikian, Aswan menganggap jika Eko bernilai rendah sebagai kader PDIP. Sebab lebih tunduk kepada orang berpangkat.

“Tapi ya sebagai seorang kader, apalagi ketua partai kemudian lebih tunduk kepada seseorang yang berpangkat, maka tentu kader tersebut nilainya rendah juga,” tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPC PDIP Deli Serdang Eko Sopianto mundur dari jabatannya. Eko mundur karena mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Eko Sopianto sendiri selain Ketua DPC PDIP Deli Serdang, juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Pujakesuma. Pujakesuma sendiri sejak tahun lalu sudah menyatakan dukungannya ke Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Bahkan pengurus DPP Pujakesuma juga sempat bertemu dengan Ganjar di Jakarta setelah diusung oleh PDIP. Namun belakangan ini, arah dukungan tersebut berbelok dan Pujakesuma mendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Wakil Ketua DPD PDIP Sumut Aswan Jaya membenarkan jika Eko mundur karena mendukung Prabowo-Gibran. Eko diketahui mundur pekan lalu.

“Iya karena Pujakesuma dukung Prabowo, tanggal persisnya tidak tahu, tapi dalam minggu terakhir ini,” kata Aswan Jaya, Senin (20/11).***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version