Pernah Kirim Jeruk 1 Truk ke Istana, Warga Karo Kini Bangun Patung Jokowi

Karo(MedanPunya) Warga akan membangun patung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Liang Melas Datas (LMD) tepatnya di Desa Kutambelin, Kecamatan Lau Baleng, Karo, Sumatera Utara (Sumut). Sebelum membangun patung Jokowi, warga LMD sebelumnya pernah mengirimkan jeruk 1 truk ke Jokowi Desember 2021 lalu.

Saat itu warga mengirim jeruk sebagai bentuk protes dan berharap Jokowi memerintahkan jajarannya untuk memperbaiki jalan yang rusak di LMD.

Kepala Desa Polatebu Adil Sebayang dipercaya oleh masyarakat LMD sebagai Ketua panitia pembangunan patung Jokowi. Patung atau monumen di Juma (ladang) Jokowi itu dibangun sebagai bentuk ungkapan terima kasih warga.

“Alasan kita karena seluruh warga LMD terdiri dari enam desa, tiga dusun, kenapa kita antusias untuk membangun Juma Jokowi di LMD karena kan masyarakat LMD sangat antusias dan tidak tahu lagi apa yang mau diucapkan sama Pak Jokowi sebagai ucapan terima kasih itulah makanya kita akan membangun patung ataupun monumen Juma Jokowi itu,” kata Adil Sebayang, Selasa (31/10).

Ucapan terima kasih itu karena Jokowi memperbaiki Jalan yang sudah lebih 30 tahun dikeluhkan oleh masyarakat LMD. Jokowi sendiri memperbaiki jalan tersebut setelah warga mengirimkan jeruk 1 truk ke Istana Merdeka di Jakarta.

“Artinya kan kita sudah lebih dari 30 tahun ini warga LMD jalan infrastruktur itu nggak ada betulnya, rusak parah lah, namanya saja kita merdeka tapi belum merdeka dengan infrastruktur itu. Jadi itulah karena kemarin kita antar oleh-oleh jeruk ke Istana,” ucapnya.

Perbaikan jalan itu sendiri berlangsung secara bertahap. Total yang sudah diperbaiki sekitar 17 kilometer.

Patung Jokowi sendiri direncanakan akan dibangun setinggi 6 meter. Dengan pondasi sekitar 1,5 meter.

“Pondasinya itu nanti diperhitungkan sama arsitek kita 1,5 meter. Patung nya itu sendiri ketinggiannya 6 meter,” ujarnya.

Adil mengungkapkan ada tiga pilihan patung atau monumen yang akan dibangun di lokasi itu dan masih tahap pembahasan. Mulai dari Jokowi memegang tempat jeruk hingga patung biasa.

“Itu masih belum deal, artinya yang disiapkan sama arsitek kita itu ada tiga model. Satu nanti mungkin yang biasa Pak Jokowi megang raga dayang-dayang itu yang ada isinya jeruk, kemudian ada yang berbentuk lempengan, lempengan ini kita belum tahu persis ini nanti gimana, kemudian satu lagi patung biasa. Belum tahu yang mana nanti kita akan melakukan pertemuan lagi dengan arsitek kita,” ungkapnya.

Peletakan batu pertama sendiri direncanakan dilaksanakan Sabtu (4/11) mendatang. Peletakan batu pertama itu sendiri rencananya akan dihadiri oleh Bupati Karo Cory Sriwati Sebayang, Wali Kota Medan Bobby Nasution hingga putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep.

“Yang jelas yang sudah kita konfirmasi Ibu Bupati (Karo), kemudian rencana akan dihadiri oleh Pak Bobby, (Kaesang) kemarin kita serahkan melalui ajudan Pak Bobby, Pak Bobby lah yang menghubungi ke istana (soal Kaesang hadir),” tutupnya.

Untuk diketahui LMD merupakan nama wilayah yang terdiri dari 6 desa dan 3 dusun yang tersebar di 4 kecamatan di Karo seperti Desa Kutambelin di Kecamatan Lau Baleng. Desa Polatebu di Kecamatan Kutabuluh. Desa Suka Julu, Desa Kutambaru Punti, dan Desa Batu Mamak di Kecamatan Tiga Binanga. Desa Kuta Pengkih di Kecamatan Mardinding.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version