Tarung 2 ‘Pangeran’ di Pilkada Sergai

Seirampah(MedanPunya) Gelaran Pilkada Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, diprediksi bakal seru. Pasalnya, 2 pangeran di Sergai saat ini, yakni Bupati Soekirman dan Wakil Bupati Darma Wijaya (Wiwik) pecah kongsi.

Soekirman dan Wiwik pecah kongsi di Pilkada Sergai 2020. Soekirman yang menjadi bakal calon (balon) Bupati Sergai akan berpasangan dengan Tengku Muhammad Ryan. Sementara Wiwik berduet dengan Adlin Umar Yusri Tambunan.

Soekirman dan Ryan diusung oleh Partai NasDem. Sedangkan Wiwik dan Adlin diusung PDIP.

Soekirman dan Ryan lebih dulu mendapatkan surat rekomendasi pengusungan. Proses penyerahan rekomendasi dilakukan oleh Ketua DPW NasDem Sumut, Iskandar, yang didampingi Ketua Dewan Pertimbangan NasDem Sumut, Tengku Erry Nuradi dan Ketua Bapilu, Salman Ginting pada Rabu (15/7/2020).

“Yang diundang adalah yang sudah memenuhi syarat untuk mendaftar, yaitu 20 persen di DPRD masing-masing,” kata Iskandar dalam sambutannya di kantor DPW NasDem Sumut, Medan, pada Rabu (15/7).

Ketika itu, Iskandar menegaskan para balon kepala daerah yang diusung NasDem tidak dipungut biaya. Dia optimis calon-calon yang diusung NasDem akan memenangkan Pilkada.

“Penyerahan ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Penyerahannya pun dipermudah dengan diserahkan oleh DPW, tidak perlu ke Jakarta. Saya lihat dari wajahnya juga, ini bupati-bupati yang akan dilantik,” ujar Iskandar.

Dua hari berselang, giliran Wiwik dan Adlin yang dipastikan mendapat dukungan. Pengumuman pengusungan Wiwik dan Adlin disampaikan Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani.

“Pada kesempatan ini atas izin Ibu Ketua Umum, maka saya akan mengumumkan nama-nama yang kemudian sudah menjadi keputusan dari DPP partai untuk insyaallah maju dan berjuang untuk memenangkan dalam Pilkada tahun 2020,” ucap Puan, Jumat (17/7).

Wiwik menilai rekomendasi yang diberikan PDIP sebagai amanah.

“Ini kan politik, ya, politik itu saya sebagai kader (PDIP). Apapun ceritanya, kalau kader, sudah menunjuk saya untuk maju, ini kan berarti amanah. Artinya, saya siap untuk memenangkan pertarungan ini,” tutur Wiwik usai menerima rekomendasi di kantor DPD PDIP Sumut, Medan, Jumat (17/7).

Pasangan Wiwik, Adlin merupakan anak Bupati Deli Serdang. Wiwik mengaku yakin bakal menang melawan Soekirman.

“Kedekatan dengan masyarakat, ya. Insyaallah semua akan berjalan dengan baik,” ucapnya.

Ketua PDIP Sergai mengaku telah mendapat dukungan dari 4 partai lain untuk maju. Meski pecah kongsi di Pilkada, Wiwik mengaku hubungannya dengan Soekirman masih baik-baik saja.

“PPP, PKB, Demokrat, Golkar dan PDI Perjuangan, 21 (kursi di DPRD Sergai),” sebut Wiwik.

“(Hubungan dengan Soekirman) bagus, sampai sekarang masih bagus. Tidak ada keretakan. Kami masih sama,” imbuhnya.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version