Tebing di Toba Longsor Tutupi Jalan

Toba(MedanPunya) Tebing di Desa Tangga Batu, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut) longsor dan menutupi jalan. Akibatnya, arus lalu lintas di lokasi sempat terjadi kemacetan.

Kasi Humas Polres Toba AKP Bungaran Samosir mengatakan longsor itu terjadi sekitar pukul 02.30 WIB, tadi. Longsor terjadi akibat hujan yang terjadi sejak Kamis (23/11/2023) sore hingga malam.

“Longsor terjadi tadi pukul 02.30 WIB, tanah longsor dari tebing setinggi 30 meter. Longsor tebing pohon sudah sering terjadi saat hujan, tapi baru kali ini longsornya cukup besar sampai menumbangkan banyak pohon dan tiang telkom di area tersebut,” kata Bungaran, Jumat (24/11).

Bungaran menyebut material longsor itu sampai menutupi badan jalan. Akibatnya, sempat terjadi kemacetan dari dua arah.

Namun, dia menyebut pemerintah setempat beserta TNI/Polri sudah melakukan upaya untuk membersihkan material longsor itu. Menurutnya, ada tiga alat berat yang dikerahkan untuk membersihkan longsor. Alat berat itu merupakan milik Pemkab Toba dan Taput.

“Material tanah dan pohon yang tumbang menutupi jalan dan menimbulkan kemacetan sepanjang jalan di kedua arah,” jelasnya.

Perwira pertama Polri itu mengatakan sekira pukul 07.00 WIB tadi, situasi kemacetan di lokasi sudah mulai terurai. Material longsor yang menutupi jalan juga sudah dibersihkan.

“Saat ini, situasi jalan lintas Sumatera sudah mulai terurai dari kemacetan,” kata Bungaran.***dtc/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version