AS Risaukan Puluhan Pesawat Militer China Masuki Wilayah Taiwan

Washington(MedanPunya) AS menyatakan kerisauan yang mendalam setelah puluhan pesawat militer China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan dalam tiga hari terakhir.

Kementerian Luar Negeri AS menyebut aksi yang dilakukan China mengganggu stabilitas.

Selan itu, kementerian tersebut juga menegaskan kembali komitmennya yang kokoh terhadap Taiwan.

“AS sangat risau dengan aktivitas militer provokatif China di dekat Taiwan. Ini berisiko salah perhitungan serta merusak perdamaian dan stabilitas regional,” kata Kementerian Luar Negeri AS.

“Kami mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan dan paksaan militer, diplomatik, dan ekonominya terhadap Taiwan,” sambung kementerian tersebut.

Sejak Jumat (1/10) hingga Minggu (3/10), Taiwan melaporkan setidaknya ada lima pelanggaran yang dilakukan oleh China.

China selalu menganggap Taiwan sebagai bagian dari wilayahnya. Namun, Taipei menolak anggapan tersebut dan menyatakan negaranya adalah negara yang merdeka dan berdaulat.

Selama lebih dari setahun terakhir, Taiwan kerap mengeluhkan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan China di dekat wilayahnya.

Pada Minggu, Kementerian Pertahanan Taiwan melaporkan ada 16 pesawat militer China yang terbang di zona pertahanan udaranya, tepatnya di dekat Kepulauan Pratas.

Pada Sabtu (2/10), total 39 pesawat militer China terbang ke daerah yang sama yang terbagi dalam dua gelombang yakni pada siang dan malam hari.

Itu adalah serbuan terbesar yang dilakukan Beijing sejauh ini.

Pada Jumat, 38 pesawat militer China terbang ke zona pertahanan udara Taiwan dalam dua gelombang.

Perdana Menteri Taiwan Su Tseng-chang mengatakan kepada wartawan pada Sabtu bahwa China secara ceroboh terlibat dalam agresi militer dan merusak perdamaian regional.

Di sisi lain, Pemerintah China sejauh ini tidak memberikan komentar publik terkait aksi-aksi terbarunya tersebut.***kps/mpc/bs

 

Berikan Komentar:
Exit mobile version