AS Sebut Korut Perintahkan Tembak Mati untuk Cegah Corona

Pyongyang(MedanPunya) Otoritas Korea Utara disebut telah mengeluarkan perintah tembak mati untuk mencegah virus Corona memasuki wilayahnya dari China. Hal ini disampaikan oleh komandan pasukan AS di Korea Selatan.

Korut yang sistem kesehatannya harus berjuang untuk mengatasi wabah virus besar ini – belum mengonfirmasi satu pun kasus Corona sejak pertama kali muncul di China, sekutu utama Korut.

Pyongyang menutup perbatasannya dengan China pada Januari untuk mencoba mencegah penularan. Pada Juli, media pemerintah Korut mengatakan telah meningkatkan keadaan daruratnya ke tingkat maksimum.

Komandan Pasukan AS Korea (USFK) Robert Abrams mengatakan bahwa penutupan perbatasan telah meningkatkan permintaan barang selundupan, yang mendorong pihak berwenang untuk campur tangan.

“Korea Utara memperkenalkan zona penyangga baru, satu atau dua kilometer di perbatasan China,” kata Abrams dalam konferensi online yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) di Washington, Kamis (10/9) waktu setempat.

“Mereka punya SOF (Pasukan Operasi Khusus) Korea Utara di luar sana…. Pasukan serang, mereka punya perintah tembak mati,” imbuhnya.

Penutupan perbatasan secara efektif “mempercepat efek” sanksi ekonomi yang dijatuhkan pada Korea Utara atas program nuklirnya, lanjutnya, dengan impor dari China turun 85 persen.

Negara yang terisolasi itu juga bergulat dengan dampak Topan Maysak, dengan media pemerintahnya melaporkan lebih dari 2.000 rumah hancur.

Akibatnya, Abrams tidak berharap melihat adanya provokasi besar dari Pyongyang dalam waktu dekat, meskipun dia mengatakan pihaknya mungkin memamerkan sistem persenjataan baru pada perayaan ulang tahun ke-75 berdirinya partai berkuasa Kim Jong Un bulan depan.

“Rezim saat ini — militer — pada prinsipnya berfokus untuk memulihkan negara mereka dan membantu mengurangi risiko COVID-19,” katanya.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version