Kapal Perang AS Dilanda Kebakaran, 21 Orang Luka-luka

San Diego(MedanPunya) Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) dilanda kebakaran selama beberapa jam saat berlabuh di Pangkalan Laut San Diego. Evakuasi besar-besaran dilakukan terhadap isi kapal perang ini, dengan sedikitnya 21 orang mengalami luka-luka.

Pihak Angkatan Laut AS (US Navy) dan Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamat San Diego menyatakan 21 korban luka dilarikan ke rumah sakit setempat dengan luka-luka ringan.

Departemen Pemadam Kebakaran setempat menyatakan bahwa kebakaran muncul setelah terjadi ledakan di kapal perang bernama USS Bonhomme Richard tersebut pada Minggu (12/7) pagi, sekitar pukul 08.30 waktu setempat. USS Bonhomme Richard merupakan kapal serbu jenis amfibi yang tengah berlabuh di San Diego untuk pemeliharaan rutin.

Kepulan asap pekat menyelimuti kapal perang sepanjang 257 meter itu selama beberapa jam. Separuh lusin kapal pemadam dikerahkan untuk memadamkan kebakaran di kapal tersebut.

Pihak Angkatan Laut AS dalam pernyataannya menyebut 17 pelaut dan empat warga sipil telah dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapatkan perawatan medis atas luka-luka mereka yang tidak membahayakan nyawa.

Menurut Angkatan Laut AS, seluruh orang yang ada di dalam kapal perang itu saat kebakaran terjadi — sekitar 160 personel — telah dievakuasi. Kapal perang itu secara normal bisa mengangkut 1.000 personel.

Juru bicara Angkatan Laut AS di Pentagon, Laksamana Muda Charles Brown, menyatakan bahwa para korban luka kebanyakan mengalami luka bakar ringan dan terlalu banyak menghirup asap kebakaran.

Pada Minggu (12/7) siang, Departemen Pemadam Kebakaran San Diego menyatakan seluruh personelnya telah diminta keluar dari dermaga. Tayangan video dari udara menunjukkan kobaran api masih menyala.

Dua kapal penghancur guided-missile, USS Fitzgerald dan USS Russell, yang berlabuh di dekat kapal perang yang terbakar, telah dipindahkan ke dermaga lainnya. Asap dari kebakaran tampaknya mulai berkurang sekitar pukul 15.00 waktu setempat.

Juru bicara Angkatan Laut AS di San Diego, Mike Raney, menyatakan bahwa penyebab kebakaran dan awal mulai api masih dalam penyelidikan. Belum ada bukti yang menunjukkan bahwa kebakaran ini terjadi karena tindak kejahatan atau disengaja.

Amunisi yang dibawa kapal perang AS biasanya diturunkan terlebih dulu demi alasan keamanan, sebelum kapal masuk ke dermaga untuk menjalani pemeliharaan.

Menurut seorang kontraktor sipil di lokasi, kebakaran muncul di bawah garis air kapal sehingga api lebih sulit dikendalikan. Dalam situasi itu, kemungkinan besar kebakaran bisa menyebar ke sistem bahan bakar kapal.

USS Bonhomme Richard yang mulai bertugas tahun 1998, dirancang untuk membawa helikopter serbu US Marine Corps dan pasukan ke medan pertempuran. Sebagai kapal serbu jenis amfibi Wasp-class, kapal perang ini tergolong kapal terbesar kedua dalam armada Angkatan Laut AS, tepat di bawah kapal induk AS.

Kapal perang USS Bonhomme Richard pernah beberapa kali dikerahkan dalam operasi militer AS dalam beberapa tahun terakhir dan sempat muncul di sejumlah film Hollywood, antara lain film aksi sci-fi ‘Battleship’ tahun 2012 yang dibintangi Liam Neeson dan penyanyi Rihanna.***dtc/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version