Pemimpin Tertinggi Iran: Kami Tak Akan Pernah Lupa AS Bunuh Jenderal Qasem Soleimani

Teheran(MedanPunya) Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengancam Amerika Serikat (AS) dengan ‘serangan balasan’ atas pembunuhan terhadap jenderal terkemuka, Qasem Soleimani.

“Iran tidak akan pernah melupakan bahwa AS telah membunuh Soleimani,” ujar Khamenei. Dia juga mengatakan bahwa kehadiran AS di negara mana pun “telah menyebabkan kerusakan”.

Dalam kunjungan Perdana Menteri Irak ke Iran, Khamenei mengatakan pada Selasa (21/7) bahwa “Teheran tidak akan mencampuri urusan Baghdad dengan Washington, tetapi memperingatkan bahwa kehadiran AS di sisi Republik Islam itu menyebabkan ketidakamanan negara.”

Perdana Menteri Irak, Mustafa Al Kadhemi bertemu dengan Ayatollah Ali Khamenei di Ibu kota Iran selama perjalanan pertamanya sejak menjabat di pemerintahan Irak.

“Iran tidak akan ikut campur urusan antara Irak dan AS namun mengharapkan agar sahabat kami Irak tahu dan sadar bahwa kehadiran AS di negara mana pun menyebabkan kerusakan, kekacauan dan kehancuran,” ujar Khamenei.

Khamenei juga membahas pembunuhan AS terhadap Jenderal Tinggi Iran, Qasem Soleimani dalam serangan pesawat tak berawak pada Januari di Baghdad, Irak.

Pasca peristiwa itu, parlemen memilih untuk mengusir pasukan AS. Khamenei mengatakan, “Mereka membunuh tamumu di rumahmu dan dengan terang-terangan mengakuinya.”

Dia juga berharap agar keputusan parlemen Republik Islam Irak untuk mengusir pasukan AS ditaati karena keberadaan mereka menyebabkan ketidakamanan.

Iran kemudian dikatakan Khamenei, “tidak akan pernah melupakan hal ini dan dengan pasti akan membalas perbuatan AS.”

Sebelumnya, Iran juga sudah membalas kematian Soleimani dengan menembakkan sejumlah rudal ke pasukan AS di Irak namun Presiden AS Donald Trump memilih untuk tidak menanggapi secara militer.***kps/mpc/bs

Berikan Komentar:
Exit mobile version